MOTIVASI KERJA DAN HIDUP SEDERHANA DALAM ISLAM

Dalam kehidupan sehari hari manusia tidak bisa lepas dari kebutuhan hidupnya , untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia harus bekerja melalui profesinya masing masing. Bagi umat Islam, Rasul telah menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan masalah tersebut antara lain MOTIVASI KERJA. Dalam Islam bekerja dan berusaha memenuhi kebutuhan keluarga dan mengabdikan diri untuk beribadah kepada Allah adalah perbuatan yang sangat mulia. 

Satu riwayat di zaman rasul, ketika Rasul dan para sahabat sedang duduk bersama lewatlah seorang pemuda yang yang berangkat pagi untuk bekerja, Sahabat berkata : Sayang sekali pemuda ini, seandainya ia memanfaatkan usia muda dan kekuatannya untuk Allah, tentu akan lebih baik, mendengar kata kata sahabatnya Rasul menegur dengan sabdanya, “ Kalian jangan berkata seperti itu, sebab kalau pemuda itu keluar bekerja demi anak-anaknya yang masih kecil- kecil, maka ia berada di jalan Allah, kalau ia keluar bekerja demi harga dirinya, dia juga berada di jalan Allah”.

Jelaslah bagi umat Islam bahwa Rasul sangat memberi motivasidalam bekerja, Rasul memerintahkan umatnya agar giat bekerjatetapi tentunya dengan cara yang baik dan dengan tujuan yang baik juga.

Islam memberikan tuntunan tentang bagaimana cara mengelola hartanya dengan benar, tidak boros tetapi tidak pelit juga karena dalam harta seorang muslim terdapat hak orang miskin. Selain berkewajiban memenuhi kebutuhan keluarganya seorang muslim juga di haruskan untuk membantu orang miskin, membantu orang yang membutuhkan, serta membelanjakan hartanya di jalan Allah.

Rasul memotivasi umat islam dan Menggunakan harta dengan boros dan berlebih lebihan harus di hindari karena itu perbuatan yang tidak baik. Akan tetapi sifat pelit dan kikir juga di larang dalam Islamdi larang oleh Allah karena itu akan mendatangkan kebencian dan masyarakat. 

Dari penjelasan tadi kita dapat menyimpulkan beberapa poin antara lain :
·         kerja demi harga diri dan untuk memenuhi kebutuhan keluarga adalah perbuatan yang di bolehkan oleh Rasul dan Allah.
·   Dalam mengelola harta, umat Islam di perintahkan agar membantu orang miskin, orang yang membutuhkan bantuan.
·         Umat Islam di anjurkan agar tidak boros dan berlebih lebihan
·         Umat Islam tidak di perbolehkan menjadi orang yang pelit dan kikir.

Dari kesimpulan tersebut kita dapat mengambil satu poin yaitu dalam kehidupan sehari hari manusia tidak diperbolehkan  berlaku boros akan tetapi tidak kikir pula, artinyabekerja keras dan HIDUP SEDERHANA.
Demikian ANEKA ARTIKEL membahas tentang  motivasi-kerja-dan-hidup-sederhana

0 Responses to “MOTIVASI KERJA DAN HIDUP SEDERHANA DALAM ISLAM”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: